Info · Travelling

UK-Europe Trip Part 2 [Italy]

Continue the Part 1 https://weetadicky.wordpress.com/2011/06/21/united-kingdom-europe-trip-part-1-preparation/, I try to write Part 2 about my trip in Italy.

Perjalanan dari London ke Eropa kami putuskan dimulai dari Eropa bagian bawah, awalnya kami mau mencoba masuk lewat Paris dengan EuroStar tapi ternyata biayanya min 80 euro/orang, sementara kalo flight dengan Easy Jet flight UK  (London Gatwick) – Italy (Roma Ciampiano) hanya membutuhkan 40 euro/orang. Flight London-Roma ditempuh sekitar 2 jam. Easy Jet termasuk budget airline (seperti Ryan Air juga) yang mengakomodasi cheap flight di Eropa, Easy Jet hanya membolehkan 1 tas cabin (definitely 1 bag only not more, handbag is counted also) dan baru kali ini seluruh pramugarinya adalah pramugara🙂.

Day 1

206706_10150161714479868_5847223_nArrived di bandara Roma Ciampiano sekitar pukul 13.30 waktu Roma dengan kondisi yang sangat cerah (maklum di kala Eropa bagian atas dingin di bagian bawah ini masih cukup hangat), kami langsung mencari tiket kereta ke Roma Termini (stasiun kereta utama di Roma City Center). Biaya kereta ini adalah 19 euro/person anak dibawah 5 tahun free, dan Lama perjalanannya +/- 45 menit – 1 jam. Sepanjang perjalanan bisa melihat tatanan kota, cuma agag mengecewakan ketika hampir sampai ternyata stasiunnya gag mirip di Indonesia banyak coretan pilox😀.

Sampai di stasiun, kami langsung berjalan kaki menuju hotel. Kami sengaja mencari hotel yang berdekatan dengan Roma Termini, hanya berjalan 15-30 menit (ukuran jalan orang Indonesia) dan hanya beberapa blok dari Roma Termini. Hotelnya kecil, klasik, listnya masih bermodel rangka besi seperti di telenovela, tapi fasilitas lengkap dan nyaman, juga tersedia sarapan dengan berbagai roti eropa yang enak. Hotel saya book lewat booking.com, seperti says notice dipart 1 pilih yang ratingnya 7++.

Setelah check in hotel dan beristirahat sebentar, sore hari sekitar pukul 5 sore sampai malam kami habiskan dengan mengelilingi pusat kota Roma murni hanya dengan berjalan kaki, beberapa objek yang kami kunjungi adalah :

1. Piazza Navona
  2. Chiesa di Sant Agnese in Agone-Rome
  3. Trevi fountain, air mancur yang terkenal dimans semua orang “make a wish” sambil melempar koin. Kita ikut foto2 ditambah ikut2an lempar koin sambil make a wish juga, gag ke bayang deh itu berapa jumlah koinnya
  4. Vittoriano Museum Complex
  5. The Spanish Steps
  6. Piazza di Spagna
  7. Hardrock cafe roma
  8. Dan beberapa tempat lainnya (for sure I little bit forgot about the name ^_^), masuk keluar gang dan blok jalan yang semuanya ber-paving blok, melihat toko-toko, dan mencoba pizza asli Italy yang isinya hanya tomat (cari yang aman takut lainnya gag halal :D)

Day 2

207200_10150161745649868_4304917_nHari ke-2, pagi-pagi kami sudah jalan ke Santa Maria Maggiore, dan di depannya ada counter bus Hop On – Hop Off City SightSeeing Rome (http://www.city-sightseeing.com/tours/italy/rome.htm),  biayanya 19 euro / orang. Bus nya akan memgantar mengelilingi kota Roma dan kita bisa berhenti di tempat yang dituju, lalu stop bus itu lagi untuk tour selanjutnya.

1. Colosseum (http://www.rome-museum.com/tickets.htm), entry 16euro/orang, kalo mau liat sejarahnya masuk dan lihat bagaimana dalam colosseum tsb. Kalo gag pingin masuk dengan alasan hemat juga bisa spot fotonya bagus-bagus. We entered the colosseum and we really felt the historical.
  2. Roman Forum
  3. Palatine Hill, Roman Forum dan Palatine Hill ada di depan Collosseum jadi sekali stop bisa dapat 3 tempat sekaligus.
  4. The most fenomenal church vatican St. Peter’s Basilicas, masuk kesini harus antri seluruh tas dan barang bawaan di scan (agag lupa ya kalo gag salah sih masuknya free). Inside the church art nya keren banget yang pecinta art klasik bisa puss banget di sini, ada part of barisan di gereja yang tidak boleh diinjak karena dibawahnya tepat makam paus. Dilingkungan St. Peter’s Basilica ada Sistine chapel dan juga Vatican Musseum. Keluar dari situ banyak sekali dijual atribut gereja seperti rosario (tasbih untuk umat nasrani) , kemudian kita juga bisa melihat langsung makam paus2 sebelumnya. Masuk ke saint basillica semua harus berpakaian rapi dan tertutup
  5. City tour melihat beberapa tempat bersejarah lainnya di Roma.

Sekitar jam 3 siang, kami sudah menyelesaikan city tour Rome dan juga sudah bersiap-siap menuju Roma Termini stasiun, karena kami sudah membeli tiket kereta menuju Venezia. Perjalanan ke Venezia by train ditempuh dalam waktu 3 jam 45 menit. Kami pilih Venezia (awalnya sempet pengen ke Milan cuman karena jalurnya agag sedikit repot untuk lanjutan next city nya, dan juga kami kebetulan gag “mencari” stadion bola hihi).

Kereta kami pesan lewat Trenitalia (www.trenitalia.com). Booking tiket kereta dari jauh hari save our money. Booked tiket dr roma ke venezia cuma 19euro/orang, sementara kalo go show harganya 79-80euro/person. Jauh kan? Untuk menghemat, kami tidak mengambil kelas paling atas cukup ekonomi class saja, secara kebetulan karena tiket kami 3 orang (under 5-6years free) sebelah kami gag ada yg menduduki kursinya dan keya bisa bebas duduk sendiri plus dapat kursi yang berhadapan dan ada tablenya ^_^.

217208_10150164114834868_2378997_nSampai di Venezia St. Lucia langsung beli tiket vaporetti (Venice’s vaporetti or water buses), soalnya ada lagi taksi benerannya yang pake yachts kecil. Untuk 1hr (24jam) harganya sekitar 20euro/orang. price list detailnya bisa dilihat disini ya http://europeforvisitors.com/venice/articles/venice-vaporetto-and-bus-fare-tables.htm

Kami menginap di hotel Allogi St. Sofia, nyarinya agag sulit ya karena jalan disana blok n gang gitu, klasik juga interiornya klasik putih dan berukir, dpt hotel disini jangan asumsi lobinya besar ya, masuk lobi harus naik tangga dulu, tapi sekali lagi fasilitasnya lengkap dengan sarapan roti dan butter yang nyammy.

Karena sampai sana sudah sore kami menyempatkan jala-jalan santai sore untuk melihat blok dan gang yang di depannya terhampar jualan roti yang bikin lapar mata, lalu kami lanjutkan dengan naik vaporetti dari terminal terdekat hotel ke terminal rialto bridge (the most famous bridge), disana kita bisa lihat romantisme kota venezia dan membeli beberapa souvenir venezia yang dijual ditoko diseputar rialto bridge, tapi toko-toko ini hanya buka hingga pukul 6-7 malam. Kami juga mencobs ice cream disana, karena budget terbatas makan malam di cafe disepinggir sungai venezia hanya menjadi pemandangan kami saja.

207177_10150164126804868_1591443_nKalian yang ingin mencoba perahu hitam venezia yang romantis itu membutuhkan kocek min 80 euro (satu perahu isi 2-3 orang), jika mengajak lebih banyak orang tentu harganya pun akan naik.

Day 3
Dimulai dengan vaporetti dari water bus terminal terdekat dari hotel ke square yang terkenal di Venezia (St Mark’s Square) di mana terdapat Piazza San Marco yang terkenal, menikmati square yang luas sambil memberi makan roti burung merpati, berfoto-foto dengan keindangan Doge’s Palace, dan duduk-duduk menikmati pemandangan laut kota venice yang romantis.

Setelah menikmati square yang indah, perjalanan dengan vaporetti kami lanjutkan sampai dengan Murano Island yang terkenal dengan kerajinan murano glass nya. Murano yang original asalnya dari sini dan harganya gag murah hihihi. Kalian bisa menikmati murano islands dan lihat hasil kerajinannya dari toko ke toko kemudian foto di patung yang terbuatbdari murano glass (patungnya seperti es di film frozen). perjalanan dari venezia St Mark’s square ke Murano Island ditempuh selama 45-60 menit. Kami juga sempat mencicipi pizza tomat 1 loyang (10euro-an).

Perjalanan di venezia kami sudahi, check out hotel lalu bergegas menuju stasiun Venezia St.Lucia untuk melanjutkan perjalanan ke Salzburg (will be written in Part 3)

Ps : kalo mau beli oleh-oleh di Eropa mungkin ada baiknya beli di Italy, pengalaman di Italy harga souvenir sepwrti kaos bisa 4 euro/kaos dam kalo pinter nawar dibandingin udah sampe Belanda min 10-15 euro/kaos.