Info

Suryakanti

Tak terasa, sudah hampir 9 bulan lamanya, setiap 2 minggu sekali kalau tidak absen, saya, suami dan keya tentunya, menginjakkan kaki ke suryakanti. Jikalau kalian menginjakkan kaki di sini, kalimat syukur yang sering terlontar, banyak kondisi anak-anak lain yang tidak seberuntung kita dan anak-anak kita.
Suryakanti, merupakan sebuah yayasan pengembangan potensi anak yang terletak di Jln. Terusan Cimuncang no.9 Bandung 40125, notelp 022-70232369 (sumber: http://www.suryakanti.or.id). Diketuain oleh Prof.DR. Anna Alisyahbana, Sp.A(K), yayasan ini menangani anak dengan gangguan dan kelaina perkembangan, kelainan perkembangan, kelainan perkembangan fisik, autisme, gangguan berbicara, keterbelakangan mental, dsb.

Awal mula kenapa ke yayasan ini, ketika psikotes keya di PG nya tempo hari jauh dr memuaskan, karena yayasan ini cukup terkenal, lengkap dengan psikolog, dokter anak, dan terapis terlatih puluhan tahun maka kami coba untuk ke sini. Ketika awal, keya dites ulang psikotes dan IQ. Tesnya tidak boleh ditemenin dan kurang lebih 45menit. Kemudian setelahnya janjian untuk review dengan dokter dan psikolog (kedua orang tua wajib hadir). Disini dicek kemungkinan anak, keya itu problem anak kota yang kurang teman bermain, secara fisik yang menyebabkan kurang fokus adalah tulang punggung belakang yg blm kuat. Maka, dia kala itu diminta ikut okupasi terapi dan wicara (krn banyak artikulasi dan kalimat juga yang blm benar) setiap 2minggu sekali.
Okupasi terapi itu lebih ke terapi bermain di ruangan dengan alat2 seperti halang lintang, perosotan, ayunan dll yang diset sedemikian untuk kebutuhan anak, melatih fokus dan setiap pertemuan dibuat level yang semakin sulit. Ditemani seorang terapis, durasi 45 menit, report untuk orang tua dengam biaya 90rb.
Begitu pun terapi wicara, ditemani seorang terapis, 45 menit dengan biaya 90rb awalnya anak diajak bercerita kemudian orang tua dikasih peer untuk melatih anak kata2 berawalan konsonan, belajar cerita bergambar dari buku, detailing dll.
Secara keseluruhan, it works. Kemajuannya pesat, selama kita fokus dan konsisten.
Saking penuhnya jadwal, klo kita gag bisa hadir maka kita melewatkan waktu terapi itu dan menunggu untul jadwal berikutnya.
Di Suryakanti pula, tersedia sekolah luar biasa untuk anak-anak yang berkebutuhan khusus. Melihatnya, sungguh bersyukur bahwa kita dikaruniai kesempurnaan dan itu karunia yang luar biasa.

Sekilas cerita dan pengalaman saya,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s