Info · Travelling

eco

photo (1) photoMaybe, the famous word in d world today is  “eco”, comes from the word “ecology” (from Greek), which means is the scientific study of the relationships that living organisms have with each other and with their natural environment. Topics of interest to ecologists include the composition, distribution, amount (biomass), number, and changing states of organisms within and among ecosystems (sumber : wikipedia).

Saat ini, banyak sekali manusia atau organisasi yang akhirnya peduli pada bumi dan lingkungan, yang secara fakta saat ini mulai rusak akibat kelalaian dan keserakahan manusia sendiri.  Kompensasinya adalah diciptakan berbagai hal yang berbau “eco” seperti ecogreen dan ecopark, mereka mulai mengedepankan “hijau”, yakni mulai menggalakan kepedulian lingkungan dengan membuat taman-taman hijau baik di rumah maupun di tempat umum, menjaga ekosistemnya, menyuarakan slogan-slogan “save our earth”, dilarang membuang sampah sembarangan, dilarang menebang pohon, melestarikan pohon dan hewan-hewan langka,  serta tidak lupa menciptakan serapan-serapan air tanah untuk mencegah banjir.

Btw, udah pada nonton film 5cm belum? Bener banget lho kalo Indonesia itu Indah, bahkan sangat indah dan cantik secara natural alamiah, orang-orangnya pun kreatif, klo kita lihat hasil karya Indonesia yang dibuat dengan serius hasilnya jauh lebih baik dari negara-negara tetangga, hanya sayangnya saja di Indonesia ini terkadang tidak “all out” dan cenderung setengah-setengah. Kenapa? Sebagai contoh ecopark yang ada di Taman Impian Jaya Ancol, masuknya free, luas area kalo dikelilingin more than 2km, tamannya full package means bisa untuk walking, jogging, running, cycling, sekedar menikmati udara segar di tepi kolam ikan sambil memberi makan ikan, burung dara yang bebas terbang di udara dan hinggap di sekitar pengunjung,  kambing-bebek-serta beberapa kebun kecil yang seolah-olah meminta kita sambangi, serta kemasan fun activity lainnya (musical fountain, segway, sailing boat).  Badan sehat, pikiran relax, bercengkrama bersama keluarga tercinta… dapet banget di ecopark sini.

Tapi??? koq cuman ada satu sih di jakarta yang begini? di Ancol lagi. Untuk kalian tahu, taman ecopark ini disupport oleh perusahaan automotif ternama bernama “Toyota” dan areal musical fountainnya disponsori oleh “Grundig”. Andaikan saja di setiap bagian Jakarta ada minimal 2 (dua) taman seperti ini, dengan fasilitas yang sama dan terjaga seperti ini pastilah Jakarta dan kota lainnya akan menjadi sangat indah. Kalo ecopark di Ancol bisa disponsori dua perusahaan ternama, mungkin masih banyak perusahaan-perusahaan raksasa lainnya yang mau menciptakan kepedulian lingkungannya dengan membangun taman-taman indah seperti ecopark, Ancol di area-area lainnya… I hope so…

Oh iya, untuk sampe ke ecopark Ancol, tentunya kalian harus masuk Ancol dulu ya, bayar tiket masuk Ancol (satu orang 15ribu, mobil 50rb). Letaknya ecopark sendiri ada di depan Mercure Hotel, Ancol. Masuknya free, klo mau pinjem sepeda 1jam nya ratenya 30rb. Musical fountain show ada di malam hari jam6 biayanya 60rb. Tiket terusan ecopark sekitar 60-65rb. Tapi saya gag beli tiket terusan, jadi belum tahu pastinya fasilitas tiket terusannya apa saja. Harga pakan ikan satu plastik 5ribu rupiah. Tamannya bersih, bagus, dan bikin puas!!!

-weet@   #writeOn13 ‘2012-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s