Info · Travelling

Kidzania vs Lolipop

Malem Jum’at, Bandung, Kantor, Hujan, Dingin, Selepas maghrib… Masih berkutat dengan meja bundar seperti konferensi meja bundar saja, menyelesaikan dokumen pekerjaan-pekerjaan dan menuntaskan bug untuk testing esok hari. Terlihat sok rajin sekali ya, tapi ya memang itulah kenyataannya kerjaan seperti marathon *fiuhhh

Cerita punya cerita, mau berbagi informasi saja kali ini tentang wahana mainan anak yang ada di Jakarta, Kidzania dan Lolipop. Kedua tempat bermain ini adanya di dua mall raksasa yang ada di Jakarta, ntah kenapa semua wahana bermain dan tempat les (ya musik, ya baby school, ya english) semua ditaruh di mall-mall, seperti Jakarta kekurangan lahan, padahal menurut saya sebenarnya tidak baik melakukan metode pendidikan di dalam mall, banyak gangguannya terutama sisi konsumerisme yang juga dapat mempengaruhi anak secara tidak langsung (yang pasti mengganggu orangtuanya siyh ^_^).

Kidzania, terletak di Mall Pasific Place lantai paling atas, di Kawasan Niaga Sudirman (Komplek SCBD) Jakarta. Harga tiketnya 115,000 per anak (4years old up), 50,000 (toddler), dan 75,000 (pendamping/orangtua).  Mainannya edukatif, disini anak diajarkan untuk bermain peran, di dalamnya kita seperti masuk ke kota imajinasi untuk anak yang di set seperti keadaan realita di lingkungan sekitarnya. Ada Fire Department, Hospital, Klinik Gigi, Police, AirFlight, Bank, Pemesanan Taksi, Balap Mobil, how to make chocolate, noodle, nugget, pizza, burger, bagaimana cara membuat sim, lesnya, mengisi bensin, menjadi model, menjadi wartawan, ada lembaga kumon, menjadi apoteker dsb (sebagian lupa).  Jam masuk ke kidzania di bagi menjadi dua shift, Shift pagi (09.00-14.00) dan shift siang (15.00-20.00). Masing-masing shift dapat jatah bermain 5 jam saja, belum lagi klo antrian banyak, bisa buang waktu jatah 1/2 jam lebih untuk antri masuk, dan 1/2 jam sebelum jam tutup rata-rata wahananya sudah tutup dan evakuasi antrian untuk keluar dari Kidzania. Kidzania sendiri memiliki kapasitas pengunjung, sehingga jika merencanakan rekreasi kesini saya sarankan untuk pesan online via website dan datang lebih awal dari jam masuknya, kemudian buat plan anak akan melakukan aktivitas apa saja, karena di dalam setiap wahana butuh paling cepat 20menit eksekusi peran belum ditambah antrian. Kidzania tidak memperbolehkan membawa makanan dan minuman dari luar.

Kidzania sendiri memberikan deposit uang bagi anak-anak sejumlah 50$ kidzania, yang wajib ditukarkan sendiri oleh anak-anak ke Bank Kidzania. Uang ini akan menjadi tabungan awal anak. Ketika ia bekerja sebagai pemadam kebakaran atau pilot atau profesi lain yang diinginkan, mereka akan mendapatkan upah sesuai tarif upah yang ada. Setiap profesi dan wahana ada syarat umur. Kemudian jika anak akan membuat pizza, atau mendapatkan kesenangan dengan naik taksi, mobil dll maka anak akan diminta untuk mengeluarkan uang yang sudah dia kumpulkan. Menarik bukan?

kidzania1

Lolipop, ini wahana mainan frenchise dari Australia pertama kali ada di Mall Senayan City, Senayan Jakarta lantai 6. Tapi saat ini sudah ada juga di Mall Gandaria City (tepatnya lupa lantai berapa). Lolipop di senayan City ini lebih besar dibandingkan yang ada di Gandaria City. Toddler – 12 tahun boleh masuk dengan dan tanpa pendamping. Harga tiket saat ini untuk weekend per anak >2 tahun harga tiketnya 120ribu, sedangkan pendamping nya 25ribu. Untuk toddler 0-2 tahun harga tiketnya50ribu per anak. Tempat mainan toddler dan anak >2 tahun dibedakan. Di lolipop ini anak lebih dicondongkan ke outbond model, perosotan, mandi bola, halang rintang, trampolin, flying fox, memancing ikan kecil, dan mainan seperti mainan dengan koin namun bisa sepuasnya dinyalakan dan di matikan sendiri. Anak diwajibkan memakai kaos kaki dan diperbolehkan membawa makanan dari luar. Tempat tunggunya cukup cozy…

lolipop2

So, wanna try?

-weet@’s   writeOn#11  2012-

2 thoughts on “Kidzania vs Lolipop

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s