Info

Which is d’dominant side of your brain?

So serious tittle? gag juga lah ya,,,  Actually I’m in bedrest position now, my body unwell since last night and better dont open the laptop *bandel mode, kapan lagi bisa nulis kalo gag lagi begini, toh komplain kantor baru saja selesai dikerjakan

Singkat cerita, kemarin sabtu sebagai Ibu-Ibu (terpaksa mendeklarasi :p), harus nemenin rutinitas kegiatan anaknya di sekolah.  Kali ini anaknya diberi titah untuk menggambar, dan ibu-ibunya disuntik ikut seminar “finger print”. Finger print sendiri adalah metode yang digunakan untuk mengetahui letak dominan bagian otak anak melalui tes 10 jari. Kevalidannya masih belum tahu ya, karena di beberapa literatur internet yang saya baca, ada yang bilang belum dipastikan valid tapi ayo kita ambil ilmu seminarnya saja yakni bagian otak dan kelebihan-kelebihannya, sehingga kita sebagai orang dewasa atau sebagai orang tua atau sebagai orang awam bisa tahu sebenarnya yang potensial dari otak kita apa dan seperti apa kecenderungan kita.

Otak sendiri untuk menentukan tipe kecerdasan itu dibagi menjadi lima bagian, yakni limbik kiri, otak kiri (neokortek kiri), limbik kanan, otak kanan (neokortek kanan) dan otak tengah. Apa aja sih bedanya, yuk kita bahas :

1. Limbik kiri ; orang yang dominant di limbik kiri biasa disebut sensing, ciri-cirinya sifatnya memorize (bisa mengingat sesuatu dengan mudah dan menggambarkan sesuatu kejadian dengan detail), rajin, dan suka bergerak. Orang dengan tipe ini senang sekali bergerak, menghafal pun dengan caranya sendiri, cenderung tidak bisa diam. Orang dengan tipe ini cocok untuk model menghapal (penghapal qur’an), dokter (karena rajin, teliti, bersih), ahli bahasa, atau atlet  (karena kecenderungannya bergerak sehingga jika fokus dan menyukai olahraga yang mengeksplorasi otot dia bisa berprestasi di bagian itu). Untuk mengencourage anak jenis sensing, harus dengan hadiah.

2. Otak kiri (neokortek kiri) ; orang yang dominan di otak kiri lebih sering disebut thinking,  ciri-cirinya orangnya analitis dan pandai. Orang jenis ini hobi sekali mengutak atik angka, biasanya lebih senang dipelajaran matematika dan eksakta. Penilaiannya sangat objektif, pintar melakukan arrangement dan managerial. Orang jenis ini kalau laki-laki tidak romantis🙂,  studinya mengarah ke arah engineer, namun orang jenis ini sangat baik jika menjadi pemimpin karena secara system mampu mengelola dengan baik.  Untuk mengencourage anak jenis ini, harus meningkatkan level kesulitan suatu masalah sehingga selalu merasa tertantang dan menjadi pemenang, pembagian tugas harus jelas, sulit untuk berbagi barang pribadinya, dan dia tidak bisa dijanjikan akan sesuatu (akan mengejar sampai yang dijanjikan itu terpenuhi)

3. Limbik kanan; orang yang dominant di limbik kanan  biasa disebut feeling,  orang jenis ini sangat mengkaitkan emosi, hubungan dan cinta. Orangnya sangat berperasaan sehingga lebih menyukai hal-hal yang berbau sosialisasi, mereka sangat mudah bergaul dan menyenangi hal-hal yang melibatkan komunikasi dengan orang lain. Contohnya : PR (Public Relation)

4. Otak kanan (neokortek kanan) ; orang yang dominant di otak kanan biasa disebut intuiting, orang yang dominan di otak kanan sifatnya kreatif, desainer. Ciri orang dengan otak kanan belajarnya tidak bisa di atur dan didisplinkan jamnya, akan merasa cepat bosan dengan tata letak kamarnya, umumnya pemberontak dan tidak cocok menjadi karyawan. Orang jenis ini bisa optimal dibidang musik dan desain, seperti musisi dan desainer.

5. Otak tengah ;  orang yang dominant di otak tengah  biasa disebut insting,  orang jenis ini memiliki naluri dan umumnya serba bisa, mereka sangat menyukai apabila dapat menolong sesamanya.

Menurut informasi, saat ini untuk mengoptimalkan kemampuan anak, lihat bagian otak mana yang dominan dari mereka, kemudian arahkan mereka sesuai dengan kelebihannya agar mereka menjadi specialist. Dengan menjadi specialist maka mereka akan lebih fokus mengerjakan sesuatu dan menikmati peran mereka sesuai dengan interest mereka.

Tapi jangan lupa, bagian otak lain juga bisa diseimbangkan, jika otak kiri anda lebih berkembang untuk menyeimbangkannya bisa dengan melakukan stimulasi otak kanan dengan musik.

Jadi apakah bagian otak Anda yang dominan?

-weet@   writeOn#9 2012-

2 thoughts on “Which is d’dominant side of your brain?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s