Travelling

Malang – Batu Adventure 2010

Singkat cerita, Saya ditugasi perjalanan dinas yang kedua kali setelah 5taun kerja di telkom ini untuk workshop di Malang, Jawa Timur. Kunjungan workshop saya yang pertama di tahun 2006 untuk Aplikasi Provisioning Speedy. Tahun ini pun sebenarnya workshopnya tak lepas dari Speedy namun untuk aplikasi yang berbeda bernama iFES bersama rekan2 Data Management, Arsitektur Aplikasi Bisnis, Integrasi Arsitektur, Integrasi Operasi, temen2 IS DC V, I dan II, juga rekanan kami (Swamedia).

Kunjungan pertama saya untuk tugas di Malang pertama kali sungguh tidak meninggalkan kesan menikmati kota ini sama sekali, karena 3 hari lamanya disana, setiap hari pula saya meninggalkan kantor paling cepat jam 11 malam. Untungnya, kunjungan kedua ini berbeda. Sedikitnya saya bisa menikmatinya lebih leluasa, mengikuti workshop yang paling malam hanya hingga j8 malam, selain itu Mama dan Putra saya ikut untuk sekalian berjalan-jalan.

Kunjungan ke Malang ini 3 hari lamanya. Kami memutuskan naik pesawat saja dari Jakarta-Malang berhubung melihat lamanya kereta api Bandung-Malang yang ditempuh dalam 17jam belum lagi kalo ada keterlambatan tiba. Pesawat Jkt-Malang diakomodir oleh 3 armada, Garuda, Sriwijaya dan Batavia. Dari segi jadwal dah harga Sriwijaya lah yang paling unggul diantara dua lainnya. Tiket PP pun relatif murah 650rb PP (walau tidak lebih  murah dr tiket PP AirAsia ya hehe). Bandara malang yg relatif kecil membuat maskapai penerbangan harus memperhatikan kondisi cuaca ketika landing, jika hujan kemungkinan besar landing di Abdurahman Saleh ini dibatalkan dan dialihkan ke Juanda. Jarak Bandara-Kota sendiri sebenarnya tidak terlalu jauh, saya rasa justru yang jauh adalah jarak keluar bandara sampai keluar komplek AURI. Inipun kali pertama saya landing di bandara Malang, dan betapa kagetny saya bandaranya sungguh kecil dan tidak memadai jika kita lihat dr banyakny penumpang, armada yang hampir 14 kali setiap hari meramaikan bandara ini. Dari sejumlah kota yg saya pernah kunjungi bandaranya, so sorry to said that it’s the worst airport  di bandingkan medan, surabaya, lampung, palembang, jakarta, bandung, surabaya, balikpapan, lombok dan bali hehehe.

Okay back to the real Malang. Disini saya menyempatkan kuliner-an, nyobain Soto Lombok Jl. Lombok, Bakso Bakar Pak Man JL Diponegoro 9 dan Hot Cui Mie Malang yang saya temukan di MATOS yang semua ada di daftar kulineran Malang. Tapi sekali lagi maaf buat para Arema, 3 kuliner-an tsb. di lidah saya termasuk biasa-biasa saja (apa karena terlalu lama tinggal di bandung yg notabene terkenal kulinernya). Mall nya juga yang judulnya Malang Town Square ternyata jauh sama Ciwalk n Citos (ya iyalah minta di jetok arema ini sih)🙂. Hotelnya Griyadi Montana alias Montana 2 yang ada di Jl Candi Panggung juga untuk harga relatif terjangkau, kolam renangny bagus tp maaf menurut saya kamarny agak terlalu tua dan gak bintang 3, sedikit perlu sentuhan lagi. Sementara hotel-hotel lainnya di pusat kota entah kenapa semua penuh🙂 Malang oh Malang hehehe

Walau dinas 3 hari, tp saya sudah meniatkan untuk pergi ke Batu dan menunda kepulangan 1 hari agar bisa berjalan-jalan bersama mama dan keya. Dahulu yg saya tahu, Kusuma Agro terkenal sekali di Batu mungkin bisa dibilang pioneernya. Namun lagi-lagi hari itu Kusuma Agro, Royal Orchid, Kartika Graha hotel penuh semua, dan sangat sangat kebetulan temen merekomendasikan Klub Bunga Hotel n Resort, dari segi harga memang mahal tp tidak lebih mahal dari ketiga hotel di Batu yang saya sebutkan di atas. Hotel ini sangat worth it klo kita lihat fasilitasnya. Kamar nya memang non AC krn udara Batu yang sudah dingin, sama saja jika kita menginap di Cipanas Garut, hampir semua hotel non AC. Kamar mandi yang bagus, pemandangan yg luar biasa, TV dengan LCD cukup membuat puas menikmati suasana kamar. Fasilitas lainnya yg bisa dinikmati cuma- cuma antara lain Kolam Renang yg besar, kolam renang anak dengan perosotan, kolam therapy, kolam indoor air hangat, kolam jacuzzi, kolam fish spa (klo di mall aja 80000/30menit lho), sauna, steam, fitness center, jogging track, karaoke room, games room, baby sitting, volley ball pantai, squash, chlidren playground outdoor, diskon 50% masuk jatimpark1 dan museum satwa, antar jemput gratis ke BNS (Batu Night Spectacular). Gimana worth it gak tuh? saya sih sangat-sangat PUAS!!! Untuk yang membawa keluarga cukup besar, bisa menyewa cottage/villa nya.

BNS (Batu Night Spectacular), atas usulan teman asli Malang patut dikunjungi dan ulasan saya “Wajib anda kunjungi”, seperti pasar malam tapi keren deh. mainan-mainanny lengkap bahkan saya rasa sangat menyengangkan dengan harga tiket yang nyaman di kantong. Harga tiket 1 orang 10rb rupiah, anak2 di atas 85cm bayar. Mainan anak di dalam 6rb per permainan ada mobil2an, kereta api, trampolin, bombomcar, playground area. Untuk yg besar ada ice skating, sepeda gila, rumah hantu,rollercoaster, dan sepeda udara (memandang malang dr atas dengan sepeda di atas rel, sereeeeeeemmmmm). Ada juga lampion land (bagus), ada pasar malamnya yang menjual oleh2 khas BNS, ada foodcourt makananny enak2 harganya tidak lebih dr 15-20rb rupiah. Buka dari pukul 16.00-23.00

Jatim Park 1, pemiliknya sama dengan pemilik Klub Bunga, Tanjung Kodok dan minizoo di Lamongan, Jawa Timur. Jatim Park ini terkenal dengan permainan anak2 seperti dufan mini dan sarana pembelajaran anak2. Ada wahana budaya Indonesia, ada fish park, bird park, kolam renang, mainan anak lengkap deh. HTM nya kalo weekend 45rb / orang, anak di atas 85cm bayar (walau pas 85 di dlm ttp harus pake gelang terusan). Klo minep di klub bunga anda dapet diskon 50% sehingga 45rb bisa untuk 2 orang. Yang bikin dikenang, keya berani naik ulat coaster donk, secara dia itu g nyampe megang pegangan coasternya dia cm bisa pegang tempat duduknya, ulat coasternya ngebut dan biasanya walau boleh di atas 85cm biasanya anak yg naik 4tahun, nah ini 2tahun 5bln dengan ujicoba eh bukan takut malah KETAWA, akhirnya dilanjutkan 3putaran ckckck🙂

Jatim Park 2, disini pengembangan dari Jatim Park 1 yang berada di antara lokasi Jatim Park 1 dan BNS. Disini ada Museum Satwa (Museum dari satwa-satwa yang diawetkan), bagus deh artistik dan lengkap. Dari Jenis ikan, kupu-kupu, beruang, penguin, macan, burung dll semua ada di tata dengan apik dan megah. Ada juga Batu Secreet Zoo (saya belum sempet kesini karena mepet). HTM untuk dua wahana ini 50rb / orang. klo anda minap di klub bunga hanya membayar 50rb untuk 2 orang, anak di atas 85cm bayar.

Yang disayangkan, penghubungnya belum ada, transportasi umum relatif sulit untuk kita yang gak bawa kendaraan sendiri. Tp katany coming soon mau ada monorail atau cable car penghubung klub bunga-jatimpark1,2-BNS.

Anda yang belum pernah mengunjunginya, silakan di coba y. Cukup menyenangkan lhoooooo.

-weet@ nov’10-

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s