Travelling

Singapore Trip 09

Liburan tahun ini, kami memutuskan untuk pergi ke Singapore. Tantangannya berat, karena Keya bayi kami baru berumur 1 tahun, tentulah harus punya  tenaga ekstra untuk yang satu ini.

Yah, karena trip kali ini pun bukan trip mahal *pakai acara tiket promo, hotel daerah bagus tp murah, bukan pake travel lengkap* maka butuh tenaga esktra untuk jaga baby, lagi pula Keya adalah baby yang sensitif cuaca panas *maksudnya gak bisa panas, harus adem* sehingga ketika diajak jalan dengan transportasi umum, dia terlihat lelah dan agak rewel.

3 hari 2 malam berada di Singapore dan 1 hr 1 malam berada di Batam. Hari pertama, kami landing di Terminal 1 Changi Airport Singapore dengan menggunakan AirAsia Jkt-Singapore yang ditempuh dalam 1jam 35menit. Setelah landing, petugas bandara Singapore terkesan “galak” dan menyuruh kami cepat-cepat melalui screening “gara2 issue swine flu sepertinya”. Dari terminal 1 kami menuju terminal 2 dengan menggunakan monorail bandara untuk mencapai MRT station.

Penginapan kami berada di sekitar Bugis Junction, tepatny Beach Hotel, 95 Beach Road Singapore. Alhamdulillah orang hotelny baik banget dan ternyata hotel itu sangat dekat sekali dengan area makanan, area perbelanjaan Bugis Junction, dan juga Suntec City mall (tempat Ducktours dan Hippo Tours).

Agenda :

Hari pertama : membeli Singapore Tourism Pass 8SGD/days dengan deposit 10SGD yang akan dikembalikan pada saat pengembalian kartu.

Jurong Bird Park, naek MRT dari Bugis Station menuju Boon Lay Station (EW 27) station paling mentok, kemudian turun ke terminal bis ambil SBS 194 dan turun di depan Jurong Bird Park. Cara kembali, tunggu lagi SBS 194 di depan Jurong Bird Park untuk kembali ke Boon Lay Station MRT. Harga Tiket Masuk 18SGD dewasa, jika combine dengan Night Safari Park 32SGD. Tambah Ponorail (monorail dalam Jurong) 5SGD. Disini kita bisa melihat aneka macam  burung, mungkin lebih tepatny mirip Bali Bird Park

Night Safari Park, dari Jurong menunggu SBS 194 lagi kemudian dr Boon Lay Station naek MRT ke Choa Chu Kang Station (NS4) kemudian naik bis SMRT 927. Night Safari penuh hingar bingar cafe gemerlap, not like Cisarua Taman Safari Bogor mungkin ini yang bikin menarik. Buka dari 07.30-11.00 waktu setempat. Ada acara Show hewan berdurasi 30menit, tapi sumpah garing abis masih bagus sirkus hewan Indonesia. Dari sini karena sudah lelah dan show yang garing kami tidak memutuskan untuk naik trum di dalam. Akhirnya kami pulang dengan menggunakan taxi ke hotel sekitar 15SGD.

Hari Kedua :

Hari kedua direncanakan penuh tour dengan menggunakan hippo tour (Singapore Sight Seeing Tourism Pass) agar keya tidak terlalu lelah dan kami bisa menikmati isi kota Singapore baik dari darat maupun air. Tempat pembelian tiket dan stasiun nya adalah di Suntec City Mall.

Harga Hippo Tour : 32 SGD, jika memakai tambahan Singapore Frequent Flyer jadi 49 SGD. atau Jika ingin Ducktour (Mobil Amphibi yang terkenal di Spore) biayaanya 32 SGD. Kami memutuskan mengambil Hippo Tour plus Singapore Flyer. Fasilitasnya : Ikut bis Hippo tour 2 route (Heritage Tours and City  Tours) bisa turun di tempat yang bisa diantar jemput kemudian menunggu hippo tour selanjutnya.  Dapat Hippo River Cruise (sight seeing singapore dengan menggunakan perahu di sungai2 yang membelah kota Singapore), Moonlight Adventure (diantarkan ke Sentosa untuk melihat Songs Of The Sea(tambahan 10SGD per org) kemudian melihat Spore di malam hari).

Clarke Quay, kami menggunakan City Tour Hippo kemudian turun di Clarke Quay. Clarke Quay ini menjajakan kafe tempo doeloe dan ada mainan air mancur. Disini kita juga bisa menikmati permainan GMAX Reverse Bungy (33SGD/org) yang buka mulai pukul 15.00. Kemudian, akan sangat ramai jika ada River Festival. Dari sini kamu juga memulai Start Hippo River Cruise.

Merlion Park, karena tidak ingin  terlalu lelah dan memakan waktu akhirnya kami turun di Esplanade (bangunan menyerupai Sydney theathre) untuk menuju ke Merlion Park dan mengambil gambar di sana. Merlion Park terkenal sekali dengan lambang negara Singapore (Patung Merlion yang memancurkan air).

Singapore Flyer, mungkin ini termasuk baru. Kincir angin raksasa yang ditujukan untuk melihat keseluruhan kota Singapore ini menyerupai London View di Inggris sana. 1 tube Flyer bisa muat banyak orang. dan kita diberi kesempatan 1 kali putaran. Dari sini kita bisa melihat Pit Stop Formula 1, pembangunan yang sangat pesat, pelabuhan, bahkan pulau Batam. Souvenir menarik dijajakan disini tp harganya jg mahal-mahal hehe.

Moonlight Adventure, diantarkan oleh bus hippo menuju Songs Of The Sea (pengganti Musical Fountain) di Sentosa Island. Pulau layaknya Genting yang menjadi pusat permainan bagi anak-anak. Sedang ada pembangunan Jet Coaster Baru. Songs of the Sea dimulai 07.40 dan berdurasi 30 menit. Bertempat di bawah sentosa island. Pertunjukan ini menampilkan seni teater, air mancur dan digital. Acaranya cukup bagus. Di sentosa ini juga terdapat patung Merlion terbesar di Singapore yang terkenal dengan sebutan Papa Merlion. Di Pulau Sentosa juga sudah terdapat monorail untuk menyebrang ke harbour front atau anda dapat menggunakan cable car. Anda juga dapat membeli tiket terusan permainan sehingga dapat menonton lumba2, seaworld dsb. (layaknya Taman Impian Jaya Ancol)

Bugis Junction, tempat perbelanjaan murah. Banyak barang dijajakan disini dari souvenir, kaos, sampai makanan. Tetapi lebih baik diteliti dengan seksama harganya karena bisa lebih murah di Mustafa Center loh.

Mustafa Center, berlokasi di daerah Little India bisa dicapai dengan MRT. Harap berhati-hati di daerah ini karena lumayan rawan pencurian katanya. Supermarket yang buka 24 jam, menjajakan mulai dari makanan, jam (murah sampai mahal), koper, oleh-oleh COKLAT, souvenir, kosmetik semua ada disini, dan dijamin harga terjangkau.

Hari Ketiga :

Diputuskan untuk fokus di arena Orchard Road, menggunakan MRT kemudian turun di Orchard station. Anda bisa langsung masuk ke Takashimaya, pusat perbelanjaan yang terkenal di Orchard Road. Nikmatilah Singapore Great Sale yang sedang digelar hingga bulan Juli. Alokasikan waktu anda sebanyak-banyaknya karena 3 jam tidak akan cukup  untuk berada di Orchard Road😛

Harbour Front, pelabuhan Singapore untuk mengambil ferry menuju pulau Batam. Sebelumnya mampir ke VIVO CITY, the BIGGEST mall at Singapore. Lautan manusia ada disini, dan jangan bingung kalo cari-cari  toko saking besarnya mall ini. Mampir ke lantai atas, anda akan menikmati taman yang didesign di dalam mall ini oleh Arsitek Jepang.

Hari Keempat,

Batam, kembali ke Indonesia, ketemu makanan serba halal dan nikmat serta murah!!! Berburu minyak wangi dan tas juga murah disini. dikawasan belakang Lucky plaza tepatnya Komplek Bumi Indah.

Semoga bisa mengunjungi tempat lain di lain waktu dan kembali ke Singapore also… Moga bisa jadi panduan wisata ya.

-weet@’09-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s