Uncategorized

Lika liku IUD

Ya, IUD (Intra Uterine Device) seperti yang pernah saya posting sebelumnya, kalo dahulu mengenai apa itu IUD dan masalahnya, kali ini saya lebih fokus kepada after pemakaiannya.

Umumnya dokter akan bilang setelah 3bln pemasangan dianjurkan kontrol, selanjutnya 6bulan sekali. Nah, ini saya hampir 8bulan belum kontrol, salah satu alasan karena setiap kali akan kontrol belum daftar dokter (dokter saya kebetulan yang 1hr sebelumnya harus daftar, karena antrian pasiennya yang cukup banyak).

Waktu pemasangan pertama IUD, terus terang saya tidak merasa sakit dan setelahnya pun tidak (mungkin karena dokternya terampil), kemudian kontrol di USG ternyata posisi IUD bergerser ke bawah. Posisi bergeser ini harus segera diperbaiki, agar IUD berfungsi seperti sedia kala. Proses perbaikan posisi ini mirip sekali dengan proses pemasangan, tidak begitu nyeri dan sakit, tapi setelahnya dirasakan sangat nyeri seperti ketika mendapatkan haid.

IUD perlu dikontrol 6bulan sekali, untuk check posisi benar apa tidak, keluhan selama pemakaian (keputihan, kelainan haid dsb.) bisa dikonsulkan kepada dr., menghindari infeksi dan pendarahan, dll seperti cerita-cerita menyeramkan yang beredar.

Dont worry be happy!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s