Info · Uncategorized

Pembuatan PASPOR prosedur IMIGRASI *non calo*

Pertama-tama saya beri alasan kenapa saya posting masalah ini :

1. Kebutuhan akan paspor, paspor saya habis masa berlaku dan sekalian ingin menambahkan anak ke dalam paspor.

2. Anak bayi 1 hari ternyata aturan yang baru, harus memiliki paspor sendiri dengan alasan saat ini banyak penjual belian anak di bawah umur.

3. Minta tolong orang yang biasa ngurus paspor mahal banget, untuk paspor dewasa yang baru dan habis masa berlaku biayanya 500 ribu untuk paspor 48 halaman, sedangkan bayi mulai 900 ribu – 1.8 juta. *mahal banget*. Itu pun tetap untuk masa pembuatan paspor selama 1 minggu.

Dengan alasan di atas, saya coba mengurus sendiri paspor saya, adik dan anak.

Berikut list yang harus dipersiapkan :

*untuk paspor baru*

– FC KTP, FC Kartu Keluarga, FC Akte Kelahiran / Ijazah,  Surat Keterangan dari kantor jika bekerja, FC Buku Nikah jika sudah menikah.  Semua siapkan aslinya juga.

*untuk paspor penggantian / habis masa berlaku*

– FC KTP, FC Kartu Keluarga, FC Akte Kelahiran / Ijazah, FC  Surat Keterangan dari kantor jika bekerja, FC Buku Nikah jika sudah menikah, PASPOR lama.  Semua siapkan aslinya juga.

*untuk paspor bayi*

-FC KTP Ayah&Ibu, FC Kartu Keluarga, FC Akte Kelahiran, FC Buku Nikah Ayah dan Ibu, Surat keterangan materai persetujuan pembuatan paspor oleh ayah dan ibu *surat ada di imigrasi), Paspor Ayah / Ibu.  Semua siapkan aslinya juga.

Cara pembuatan :

1. Beli map kuning di koperasi kantor Imigrasi untuk map kelengkapan syarat.

2. Minta formulir di depan untuk pengisian data.

3. Masukkan formulir dan kelengkapan data ke dalam map, kemudian ambil nomor antrian untuk menyerahkan kelengkapan syarat.

4. Setelah kelengkapan di cek dan lengkap ambil bukti untuk melakukan pembayaran 2 hari kemudian.

5. Dua hari kemudian datang untuk melakukan pembayaran. Ambil nomor antrian kemudian lakukan pembayaran. Biaya 270 ribu, untuk paspor baru, bayi, penggantian paspor habis.

6. Setelah dapat bukti bayar, akan dapat tanggal untuk foto dan wawancara. Berkas asli dibawa pada saat wawancara. Sesuai tanggal tertera datang lagi ke kantor imigrasi, ambil nomor antrian. Setelah dipanggil masuk untuk foto, kemudian menunggu wawancara *alasan pembuatan paspor, cek data dalam paspor sudah benar / tidak*. Ambil kertas untuk pengambilan paspor yang diberikan pada proses wawancara.

7. Empat (4) hari kerja berikutnya, datang lagi ke kantor imigrasi untuk mengambil paspor. Paspor sudah bisa diambil. Tidak ada biaya tambahan apapun.

Total pembuatan paspor +/- 9 hari kerja. Yang dibutuhkan hanya kesabaran untuk bolak balik ke kantor imigrasi. Perlu diketahui sekarang calo di kantor imigrasi sudah hampir tidak ada, yang ada calo-calo yang mewakili orang per orang bukan calo yang berkeliaran mencari-cari pelanggan seperti waktu pertama kali saya membuat paspor.

Mudah-mudahan bermanfaat, uang lebih 230-500 ribu per orang bisa kita save untuk keperluan yang lain yang lebih bermanfaat.

5 thoughts on “Pembuatan PASPOR prosedur IMIGRASI *non calo*

  1. mba, nanya dong. paspor bayi sudah jd, trus nanti pas di airport biasanya pemerikasaannya gmn, ya? sama kya org dewasa yg tinggal cap paspor atau perlu kartu keluarga dan macem2nya jg buat bayi? thanx.

    1. iya sama
      di dalam paspor bayi biasanya tertera nama ayah/ibu pemegang paspornya
      sehingga ketika pemeriksaan berbarengan dengan ayah/ibunya
      perlakukanny persis sama, di cap juga

  2. hai,sy.mo.tanya.kl.dr.perkawinan.campur.gmn.ya.???…apa.ada.syarat.khusus.untuk.buat.paspor???….saya.dan.suami.mau.bayi.kami.punya.dua.warganegara(indonesia-australia)

  3. Nyari2 info paspor bayi eh nemu blog ini, liat potonya prasaan kenal hehehe…..
    wit/kit, klo belum punya KK lom bisa bikin paspor bayi ya?

    1. hehe
      pa kabar ndi?
      aku jg buat paspor keya beda KK koq, bangkit pake KK yg dijkt, wita sama keya pake KK yg dibdg abisan blm pny KK yg sama, wita blm pny KK jkt. gpp koq🙂
      mau kmana nih? ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s