Buku

Andrea Hirata tetralogy

Kenal kan siapa Andrea Hirata? kalo nama aslinya di telkom sih Andrian Hirata… ya dia adalah penulis buku Laskar Pelangi yang lagi marak-maraknya di rentetan buku best seller di sejumlah toko-toko buku besar…

Kenapa saya tertarik? awalnya terus terang karena bukunya best seller di toko-toko buku selain itu pula yang membuat saya penasaran pengarangnya adalah ‘karyawan telkom’… ya pegawai sekaligus penulis yang sampai bisa menerbitkan buku dan best seller pula…
Kalau membaca bukunya, Laskar pelangi dibuatny menjadi tetralogy yaitu :
Laskar Pelangi Sang Pemimpi Edensor, dan
Maryamah Karpov, buku keempatny ini belum luncur di pasaran ‘konon katanya buku ini akan luncur di bulan September 08, setelah film Laskar Pelangi keluar’ … tuh kan dibuat film pula

Saya coba mengulas sedikit tentang apa yang diceritakan dalam 3 buku yang sudah diluncurkan oleh seorang Andrea Hirata…
Laskar Pelangi…
buku setebal lebih dari 600halaman ini merupakan awal dari novel tetralogi yang dibuat Andrea Hirata, buku ini menceritakan pengalaman masa kecil penulis bersama teman-teman sekolahnya di belitong. Awalnya agak sedikit menjenuhkan namun tengah menuju akhir buku ini menarik dan banyak sekali pesan yang bisa diambil.
Laskar pelangi merupakan nama kelompok penulis dan teman-temannya semasa sekolah di SD dan SMP Muhammadiyah di belitong sana, di mana merupakan sekolah kecil dan sederhana dibandingkan sekolah yang dimiliki PN Timah kala itu. Buku ini menceritakan keanekaragaman dalam suatu persahabatan dan juga kekuatan niat dalam menempuh pendidikan. Yang membuat cukup terharu, tidak semua anak laskar pelangi bisa melanjutkan ke bangku SMA bahkan teman penulis yang sangat pintar pun akhirnya hanya menjadi buruh karena desakan ekonomi keluarga yang kurang sepeninggal ayah handanya yang akhirnya dialah yang harus menjadi tulang punggung keluarga. Perlu diambil garis merah tentang persahabatan abadi mereka, sekaligus perjuangan mereka dalam menempuh pendidikan dan bertahan hidup.

Sang Pemimpi…
Merupakan buku kedua dari tetralogi sang penulis, buku ini menunjukkan bahwa “mimpi bukanlah suatu hal angan-angan saja, tapi dari mimpilah bisa terwujud suatu kekuatan niat dan keberhasilan”. Ya, buku ini membahas tiga tokoh utama, penulis, arai (sepupu penulis simpai keramat yakni anak yatim piatu sebatang kara sejak kelas 3 SD karena ditinggal mati ibu, ayah dan adiknya, sampai kemudian dirawat oleh ayah penulis) dan jimbron teman penulis. Buku ini lebih menceritakan tentang masa SMA penulis, juga menceritakan tentang Arai yang walau seorang yatim piatu tetapi selalu dapat memberikan kejutan-kejutan dan pengorbanan untuk membahagiakan orang lain. Jimbron yang akhirnya tidak melanjutkan pendidikan selepas SMA dan memberikan dua buah celengan yang sama dan berjumlah sama bagi kedua sahabatnya (penulis dan Arai) untuk berangkat ke jakarta mewujudkan impiannya.
Ya impian penulis dan Arai adalah meraih gelar sarjana dan sampai ke benua Eropa dan Afrika. Mereka rela pontang panting bekerja jadi pegawai pos dan arai rela pergi ke pulau lain untuk mencari nafkah guna pendidikan mereka.
Akhirnya hasil berbuah manis, mimpi2 mereka tersampaikan dengan lulus ujian beasiswa ke university de Paris, Sorbonne

Edensor…
Merupakan buku ketiga dari penulis, edensor sendiri adalah sebuah desa cantik di Inggris. Buku ini lebih menceritakan tentang perjalanan penulis dan Arai dalam menempuh program strata-2 mereka hasil dari beasiswa yg mereka terima ke perancis. Mereka sangat kompak dan bisa menghadapi badai di negeri orang. Mereka pun melalui petualangan ketika menghabiskan liburan dengan menjelajahi eropa dan afrika dengan mendapatkan uang dr hasil ngamen dengan seni jalanan.
Sampai akhirnya, Arai terkena penyakin Asma akut sehingga harus dipulangkan ke indonesia dan dapat menyelesaikan risetny tahun depan, dan Penulis harus migrasi ke Inggris untuk menyelesaikan risetnya karena pembimbing beliau pensiun dan menghabiskan masa pensiunnya di Inggris, sampai akhirnya penulis menemukan edensor ketika akan menemui sang pembimbing…

ya saya menunggu buku Maryamah Karpov dan film laskar pelangi yang sedang diracik Riri Riza…

konon, penulis mendapatkan royalti lebih dari 1 milyar rupiah, tetapi semuanya digunakan untuk kegiatan sosial dan guru penulis di belitong sana… Bravo Andrea Hirata!

2 thoughts on “Andrea Hirata tetralogy

  1. satu lagi produk dari hati yang laris di pasar. saya turut senang untuk suksesnya Andrian Hirata, dan apa yang dia buat kemudian untuk lingkungannya di belitong.

    “A Politician Thinks About The Next Election, A Statesman Thinks About The Next Generation” (J.F. Clarke

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s