Travelling

Thailand (Bangkok-Pattaya)

Alhamdulillah, dikasih kesempatan kedua untuk mengunjungi Thailand, tepatny Bangkok dan juga Pattaya.

Bangkok sudah banyak kemajuan dibandingkan tahun lalu, skrg kota ini sudah memiliki International Airport baru yakni Suvarnabhumi Int. Airport dimana sudah dioperasikan sejak akhir tahun 2006 lalu menggantikan posisi Don Muang Int. Airport yang saat ini hanya menjadi domestic airport saja. Airport ini besar dan sangat elegance dibandingkan dengan Terminal 2 Bandara Sukarno Hatta Jakarta😀, dan sebentar lagi mungkin 2008 akan dioperasikan monorail penghubung antara Suvarnabhumi dan pusat kota Bangkok.

Kali ini mengunjungi Thailand untuk training (tepatny SAPtraining), rasanya beda memang datang untuk traveling dan urusan kantor,,, pastinya lebih relax untuk traveling walaupun untuk urusan kantor kita tak perlu mengeluarkan kocek pribadi🙂. Beruntunglah diberi 1 hari untuk full day traveling… dibantu Trans A Tour dr jakarta dan dua pemandu (Mina and Muni), kami melewati hari minggu dengan city tour.
1. Grand Palace, istana raja yg sangat terkenal buka setiap hari mulai pukul 08.30 sd 14.30 dengan biaya 250bath (sekitar 75rb). Didalamnya ada Candi, dimana menandakan letak makam raja1 sampai dengan 3.
Grand Palace akan tutup sewaktu-waktu jika ada acara kerajaaan. Dengan semboyan “LONG LIVE KING” negara ini sangat mencintai rajanya, konon mengapa long live king karena rajanya saat ini ‘Bumi dhol (bener g sih nulisnya?)’ sudah menjadi raja +/- 60tahun lamanya sejak usia 20tahun dan saat ini sang raja sudah mulai menurun kesehatannya.
2. Chao Praya river, sungai yang menghubungkan kota Bangkok. Seperti sungai pada umumnya berwarna kecoklatan namun sungai ini dijadikan sarana transportasi air, penyimpanan perahu raja yg digunakan pada saat upacara kerajaan, kembang biak ikan dewa (alias ikan patin, dimana ikan ini dianggap ikan dewa dan tidak boleh dimakan apalagi jika posisi ikan berada di depan kuil). Bisa menyewa perahu untuk mengelilingi kota bangkok lewat sungai atau menyebrang untuk sekedar mengunjungi Wat Arun.
3. Wat Arun, candi… sama seperti candi-candi pada umumnya, namun disini menjual souvenir2 khas bangkok. penjualny bisa bahasa indonesia, untuk kaos, kain thailand, bros memang murah tapi belum tentu untuk souvenir2 lainnya
4. Wat Pho, candi dimana tempat adanya patung budha tidur. Patung ini konon adalah budha ketika mengalami meditasi sebelum meninggal. Panjangny kurang lebih 50meter kalo tidak salah, kakinya berlapis kerang mutiara
5. Pattaya ….
perjalanan menuju pattaya memakan waktu +/- 2jam (note: tanpa macet). Pattaya mirip sekali dengan pantai kuta dan pattaya hidup di malam hari.
a. Gems Jewellery Pattaya, merupakan pusat perhiasan (mas kuning, mas putih, perak dirangkai dengan berlian, batu saphire, mutiara). Untuk perak harga mulai 800ribuan, sementara mas putih sekitar 3jutaan untuk sebuah cincin. Gems Jewellery Pattaya merupakan satu2nya yang menawarkan perjalanan cara terbentuknya batu perhiasan (menggunakan kereta seperti di istana boneka dufan) dan menunjukkan proses pengasahan sampe finishingnya.
b. Pattaya beach, mirip sekali dengan pantai kuta suasananya… terdapat Hard Rock Cafe Pattaya buat yang hobi mengumpulkan souvenir dan kaos dari cafe khas ini.
c. Pentas bencong, pentas bencong di pattaya ada 3 kali (06.30-07.30 malam, 08.00-09.00 malam, terakhir 09.30-10.30 malam). Bencong disini cantik2, konon katanya sering mengikuti kontes bencong dunia. Body nya mengalahkan para model dunia. Harga tiket 1 person untuk kelas festival harganya 600bath sekitar 170rb rupiah. Di depannya banyak cafe plus striptis lowh🙂
1st-5th day training …
menginap di emerald hotel berbintang 4 dikawasan jalan Ratchadapisek, dekat dengan stasiun Huai Kwang MRT dan lima menit berjalan menuju Carefour dan Robinson. Untuk menggapai Jasmine City Building tempat Phiyatana Finest Center yg berada di Sukhumvit Road 23 Wattana, cukup dengan mengeluarkan uang 22bat membeli tiket MRT ke stasiun Sukhumvit arah Hua Lamphong.
Ujung MRT adalah stasiun Hua Lamphong dan Bang Sue, di Sukhumvit Stasion kita bisa menemukan change station to BTS. Dua alat transportasi ini sangat membantu apalagi dijam-jam kerja yang sangat macet.
a. Maa Boon Kroong (MBK) dan Siam Center, merupakan pusat belanja teramai di kawasan Bangkok. MBK seperti ITC mungkin kalo di Indonesia, dan terkenal merupakan tempat belanja favorit orang Indonesia. Letaknya dekat dengan Siam Square, cukup dengan naik BTS dari stasiun Asok menuju Siam dengan mengambil jalur BTS ke arah Mo Chit.
b. Siam Square, Siam Paragon merupakan dua mall elite di pusat Bangkok, di dalamnya terdapat Ocean World (like Seaworld Indonesia) di lantai basement. Harga tiket masuk adult 750bath (+/- 200rb) dan child 600bath (+/- 170rb) cukup mahal dibandingkan dengan seaworld kita. Ocean world juga menawarkan paket renang bersama hiu dan menyelam.
c. HardRock Cafe Bangkok, berada di kawasan Siam Square (hanya 5 menit dari MBK)
d. Silom, dicapai dengan menggunakan MRT 4stasiun dari Sukhumvit menuju Hua Lamphong. Pada malam hari terdapat bazar murah (seperti suasana Blok M dan melawai di malam hari) dan juga terkenal akan cafe, bar plus striptisnya
e. Central World, dicapai dengan menggunakan BTS 1 stasiun sebelum Siam Center. Mirip dengan Siam Paragon merupakan mall besar
f. Pratunam, Bayoke dan Indra Square, dicapai dengan berjalan 5 menit dari Central World. Bayoke merupakan menara tertinggi di Thailand di mana terkenal seperti tanah abang, menjual pakaian grosiran. Bayoke dan Indra Square buka jam 09.00 dan tutup jam 5-7 malam.
g. Suan Lum Night Bazaar, dicapai dengan menggunakan MRT dari Sukhumvit ke stasiun Suan Lum. Bazar ini buka dimalam hari dari pukul 05.00-00.00 malam, menjajakan etnik barang thailand, souvenir, home decor, baju dan hiasan-hiasan lainnya. Cafe pun digelar untuk para turis mancanegara.
h. Chaktucak Weekend Market, pasar ini buka di waktu weekend saja (Sabtu dan Minggu). Dicapai dengan menggunakan MRT menuju stasiun Chaktucak Park arah Bang Sue. Pasar yang amat lengkap, mulai dari boneka, kaos, baju, hiasan, home dekor, bunga, hewan, tanaman (anggrek, adenium dll), taplak, kristal, and many more. Untuk hari biasa pasar tanamannya buka, untuk hari jumat beberapa sudah buka terutama home dekor.

Ya, sekelumit tentang negara Thailand n interesting place for you to visit. Hope can help more for traveller🙂

-weet@-

2 thoughts on “Thailand (Bangkok-Pattaya)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s