Percobaan Sederhana 1 : Balon Tiup dari Sabun

Dalam melakukan pembelajaran bagi anak, MUTLAK rasanya Ibu ini harus belajar duluan dan ketika membaca2 beberapa buku, secara tersentak mum ini kaget ternyata banyak banget yang mum as orang tua itu masih kurang tau berbagai hal untuk menambah dan mengasah kemampuan anaknya (maklum kan beda jaman hahaha) antara lain : cara memaksa tanam tulip bulb yang dikasih tante oky dari belanda (itu ada di buku kamu) hihi, kemudian beberapa percobaan sederhana salah satunya cara buat balon tiup dari sabun (biasanya kan kita cuman beli dan mengkonsumsi aja g tau cara buatnya)

Bahan2 nya :

1. Sabun Batang, 1/3 aja kali y jangan banyak2, diiris2 tipis

2. Gula Pasir 1 sendok teh

3. Air secukupny

4. Sedotan yang sudah digunting ujungny secara miring, berbentuk bunga, atau bentuk biasa aja

5. Gliserin klo ada (beli di apotik yang bentuknya putih ky lem, tp kali ini tidak ada bahan itu hehe)

6. Kawat dan benang (ini juga gak ada jd belum dibuat)

Cara membuatĀ  :

1. Isi wadah dengan air, kemudian masukan sabun yang sudah diiris2 tipis, aduk sampai sabun larut semua dengan air.

2. Masukkan gula pasir, kemudian larutkan sampai larut dengan larutan sabun. Gula pasir ini berfungsi agar balon bisa terbentuk dan tidak mudah pecah. untuk lebih bagus dan tahan lama si balon itu, bisa pake gliserin.

3. Celupkan sedotan tadi dan tiup, coba berbagai bentuk sedotan itu dan tentukan mana yg paling besar. Klo td kita berdua nyoba sih paling gampang pake yg bentuk miring sedotannya, tapi buat keya gampangan yg masih utuh panjang tp dia gak sabaran

4. Klo g abis pindahkan ke wadah seperti botol yang bisa ditutup biar besoknya bisa dimainin lagi :)

versi gambar, liat gambar keya dibawah :D. walau akhirnya diobok2 sabunnya, niupnya terbalik malah kayak diminum, tp akhirnya tiupanny bener walau hasil kurang sabarnya balon dia g kluar bnyk. But it works loh, we are succeed :D

-weet@ jan’11-

 

About these ads

8 thoughts on “Percobaan Sederhana 1 : Balon Tiup dari Sabun

    • ahaha, gak apa td juga keya gt smpet sedotanny model minum tp cm sampe lidah kan aneh trs dia kumur2 koq. disuruh lagi TIUP baru bener :D
      klo gak bikin kawat yg dililit benang, jadi g perlu keminum (tadi mah g ada kawat ama benang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s