Garut … Kota untuk ‘berendam’

Semua pasti tahu kota Garut, kota yang hanya memerlukan jarak tempuh 1.5 jam dari Ibu kota Jawa Barat. Kota yang pasti ramai dan seluruh hotel full booked ketika liburan anak-anak , liburan long-weekend tiba.

Mungkin dari sisi kota kecil, tidak banyak objek wisata yang istilahnya bisa diburu, namun masyarakat kota sangat tertarik dengan kolam pemandian air panas dan untuk melakukan refreshing menghilangkan kepenatan oleh aktifitas padat dan rutinitas kerja harian. Ya, hampir pasti ketika liburan tiba, hotel-hotel dan resort yang berada di kawasan Cipanas Garut penuh.

Konon katanya, penginapan yang paling laris di kawasan Cipanas, Garut ini adalah Sumber Alam, Sabda Alam, Danau Dariza, Tirtagangga dan yang masih cukup baru adalah Banyu Alam. Sumber Alam menjajakan waterbom internal dengan penginapan bergaya alam (cottage di atas kolam), Sabda Alam menjajakan kolam renang ditengah hotel juga beberapa cottage di atas kolam dan yang pasti di belakang hotel ini berdiri ORAY-ORAYAN yakni halilintar kecil dan TAMAN AIR yang menyerupai waterbom. Danau Dariza sendiri menjajakan penginapan bergaya tanah minang. Tirtagangga merupakan hotel yang termasuk paling senior di kawasannya, sementara Hotel Banyu Alam menjajakan seluruh cottagenya di atas kolam, sehingga para pelancong bisa memancing sambil bersantai di atas cottage nya.

Liburan Natal-Taun Baru kemarin, saya bersama keluarga besar suami berkunjung ke Garut, lebih tepatnya napak tilas dimana keluarga besar suami pernah menetap ketika bertugas di Garut. Karena hotel yang full, kami mendapatkan penginapan di Hotel Banyu Alam, 5 menit berjalan dari Sabda Alam.  Sayangnya hotel ini tidak punya kolam renang umum, hanya kolam kecil untuk tipe SUITE.  Setiap cottage disediakan kamar mandi dengan kolam untuk berendam.

Taman Air, ya tepatny Taman Air Sabda Alam… padatnya luar biasa jika liburan tiba, walau hujan besar mengguyur Garut, tapi tidak pernah menyurutkan antusiasme pengunjung untuk menikmati seluruh wahana. HTM nya murah saja hanya 30ribu rupiah per orang diatas 80cm.

Kota Garut sendiri, memiliki objek lainnya seperti kawasan Sukaregang dimana pengrajin kulit menjajakan hasil karyanya disini, untuk penyuka jaket kulit mungkin bisa mencari jaket kulit dengan harga yang cukup miring di banding di toko. lainnya mungkin kulineran BAKSO, dan oleh2 dodol PICNIC…

Berikut beberapa oleh-oleh foto dari garut, bagaimana rupa Hotel Banyu Alam dan beberapa spot Taman Air.

weet@ ‘jan10

About these ads

7 thoughts on “Garut … Kota untuk ‘berendam’

  1. trims utk infonya ya.. berapa rata2 tarif per malamnya hotel2 di sana ya??
    Mungkin punya nomor telpon supaya bisa pesan dari jauh hari sebelumnya??

    • tarifny tergantung hotel yang dipilih
      untuk sumber alam kayanya yg paling mahal
      untuk kelas sabda alam kamar hotel yang biasa sekitar 400rban
      klo danau dariza 600an
      harga jg berbeda tergantung dari besar kecilny kamar atau ada yg cottage jg
      untuk referensi bisa hubungi 108 saja untuk hotel Sabda Alam Garut, Sumber Alam Garut, Danau Dariza Garut dan Banyu Alam Garut
      itu 4 hotel yang cukup ternama dan bagus disana.
      semoga manfaat ya infonya

      btw, klo mau booking buat liburan klo bisa min 1bln sblmnya :)

  2. This piece of writing is really a fastidious one it assists new
    internet users, who are wishing for blogging.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s